naosistanbultravel.com

naosistanbultravel.com disini akan memberikan informasi berupa travel, hiburan, tekhnologi, otomotif, dan banyak lainnya.

Sabtu, 19 Oktober 2019

Gejala Hepatitis pada Anak Tipe A yang Perlu Diwaspadai

Hepatitis merupakan penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyakit hepatitis ada banyak sekali tipenya, salah satunya adalah hepatitis A. Berikut gejala hepatitis pada anak tipe A yang perlu diwaspadai.

Gejala Hepatitis pada Anak Tipe A yang Perlu Diwaspadai

1. Organ Hati Terganggu
Gejala utama dari penyakit ini akan menyebabkan peradangan pada organ hati karena disebabkan terjadinya infeksi virus hepatitis A. Akibatnya akan mengganggu kinerja organ hati ini sehingga bisa menular dengan mudah. Penularan bisa terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus.

2. Perubahan Warna Mata
Anak Anda akan mengalami gejala penyakit hepatitis A dengan terjadinya perubahan warna mata yang terlihat berbeda dari biasanya. Anda akan mengetahuinya dengan melihat secara detail mata anak yang akan tanpa menguning.  Bisa juga diketahui ketika anak merasa tidak nyaman dengan matanya.

3. Warna Kulit Menguning
Gejala hepatitis pada anak tipe A yang akan terjadi yaitu perubahan warna kulit yang menguning. Entah anak Anda memiliki tipe kulit yang gelap atau terang tetap akan tanpa menguning. Ini diketahui lebih detail saat dilakukan pemeriksaan pada anak ke dokter.

4. Suhu Tubuh Meningkat
Anak juga akan mengalami gejala lain berupa demam dengan suhu tubuh meningkat drastis. Bersamaan dengan itu  anak akan terlihat lemas tidak bersemangat, bahkan bisa mengalami kejang jika kondisinya sudah semakin parah. Jika sudah melihat gejala ini Anda jangan tinggal diam harus segera membawanya ke rumah sakit.

5. Mual dan Muntah
Mual dan muntah juga menjadi gejala yang akan dialami saat anak menderita penyakit hepatitis A. Gejala ini akan terjadi kapan saja bahkan seharian anak bisa mengalaminya. Akibatnya anak tidak memiliki nafsu makan dalam waktu lama sampai sembuh. Beberapa kali anak juga mengalami batuk dan sakit pada tenggorokannya.

6. Bermasalah pada Pembuangan
Anak akan mengalami masalah pada pembuangan yaitu warna urine yang dikeluarkannya menjadi gelap. Tidak kuning seperti biasanya, warnanya lebih mengarah ke cokelat. Selain itu, warna tinja akan berwarna pucat. Anda bisa mengetahui ini dengan lebih mudah apalagi jika anak masih sangat kecil.

7. Tidur Tidak Nyaman
Anak yang terkena hepatitis A juga akan mengalami tidur yang tidak nyaman. Kondisi ini terjadi karena anak mengalami nyeri pada sendi dan otot. Rasa sakit ini berlangsung lama, bahkan anak juga merasakan sakit pada bagian kanan atas dan mengalami diare.

Anda yang melihat anak mengalami gejala hepatitis pada anak tipe A ini harus segera membawanya berobat agar segera sembuh. Jika belum semuanya dialami, setidaknya ada beberapa gejala yang sudah terjadi. Jangan dibiarkan anak menahan rasa sakit yang dialaminya. Anda hanya perlu melihat perkembangan gejala ini selama dua hari saja.