naosistanbultravel.com

naosistanbultravel.com disini akan memberikan informasi berupa travel, hiburan, tekhnologi, otomotif, dan banyak lainnya.

Senin, 15 Oktober 2018

Cara Mencegah Ambeien

Wasir yang dikenal juga dengan ambeien atau hemoroid merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Wasir dapat mengakibatkan pembengkakan pada bibir anus, bahkan disertai pendarahan. Hal tersebut tentu mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Cara Mencegah Ambeien


Namun, seperti halnya penyakit pada umumnya, wasir sebenarnya dapat dicegah. Ari menuturkan beberapa hal yang dapat mencegah sakit wasir.

1. Usahakan buang air besar dengan lancar

Mengejan saat buang air akan mengakibatkan pembesaran pembuluh darah di anus (wasir). Buang air besar dengan lancar akan mengurangi kegiatan mengejan. Agar buang air lancar, kita perlu cukup minum air dan makan serat.

Serat bisa didapat dari sayur ataupun buah. Bisa juga berasal dari sereal atau agar-agar.

"Usus besar membutuhkan air dan serat untuk melakukan tugasnya dengan baik," tutur Ari.

2. Banyak bergerak
Pola hidup kurang bergerak dapat meningkatkan risiko wasir. Karena itu, solusinya adalah lebih banyak bergerak. Usahakan untuk berolahraga 3-5 kali atau minimal 150 menit seminggu.

Selain itu, kurangi naik kendaraan untuk jarak yang masih mampu dijangkau dengan berjalan kaki.

3. Hindari terlalu banyak duduk
Duduk terlalu lama dapat menimbulkan tekanan pada anus sehingga memicu wasir. Karena itu, cobalah untuk tidak duduk saat melakukan kegiatan yang bisa dilakukan sambil berdiri, misalnya menelepon.

"Kalaupun pekerjaan Anda mengharuskan untuk banyak duduk, sering-seringlah menyempatkan berdiri, minimal 2 jam sekali," saran Ari.

4. Hindari "keasyikan" di toilet
Gaya hidup orang sekarang yang tidak bisa lepas dari telepon cerdas (smartphone) sering kali terbawa hingga ke toilet. Padahal, "keasyikan" mengoperasikan telepon cerdas sambil duduk di toilet dapat meningkatkan risiko wasir.

Selain itu, membawa telepon cerdas ke toilet hanya akan menambah banyak bakteri yang menempel padanya. Maka dari itu, cobalah untuk tidak lagi berpikir menjadikan telepon cerdas sebagai teman buang air lagi.